Senin, 13 Maret 2023

EDISI PERDANA KAWANKU









Saya punya hubungan emosional cukup panjang dengan Majalah Kawanku. Hingga duduk di bangku SMP, Kawanku bisa disebut bacaan utama saya. Artinya, yang paling banyak dibaca dibanding majalah anak-anak dan remaja lainnya.

Kebetulan, masa peralihan dari SD ke SMP saya relatif berdekatan dengan perubahan manajemen majalah ini. Jika sebelum tahun 1990 Kawanku berstatus sebagai majalah anak-anak, maka sesudah diambil alih oleh Grup Kompas Gramedia pada akhir 1990, statusnya naik menjadi majalah ABG, alias anak baru gede. Jadi praktis, ketika saya masuk SMP, saya tak perlu mengubah bacaan utama ke majalah lain. Sebagai catatan, hingga tahun 1995, Kawanku masih jadi majalah untuk semua gender, belum berubah jadi majalah remaja putri.
Itu sebabnya, saya merasa bahagia sekali ketika kemarin akhirnya bisa menemukan bundel edisi perdana dan lengkap edisi setahun pertama majalah ini. Rasanya sulit untuk dilukiskan kata-kata.
Kawanku terbit perdana pada bulan Agustus 1970. Pada awalnya majalah ini terbit sebulan sekali, kemudian menjadi dua kali sebulan.
Kapan-kapan, saya ingin bercerita panjang mengenai pengalaman bersentuhan dengan majalah ini. #AkuDanMedia

20 Oktober 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar