Senin, 13 Maret 2023

SELAMAT JALAN, KAWANKU















Ini adalah edisi terakhir Majalah Kawanku. Tahun depan, majalah ini tak lagi terbit.

Meski sudah berhenti membaca majalah ini sejak dua puluh satu tahun lalu, saat majalah ini berubah menjadi sejenis Majalah Gadis, tadi pagi saya menyempatkan diri untuk mencari edisi terakhir majalah ini. Bukan apa-apa, ini adalah majalah yang telah menemani saya pada periode awal keranjingan membaca, saat sekolah dasar dulu. Waktu itu Kawanku masih merupakan sebuah majalah anak-anak, sama seperti halnya Majalah Bobo, Ananda, Tomtom, Siswa, dan juga legenda majalah anak-anak Indonesia: Majalah Si Kuncung.
Sesudah diambil-alih oleh Grup Gramedia, pada 1990 Kawanku berubah menjadi majalah remaja awal (baca: ABG), dengan segmen pembaca di atas pembaca Majalah Bobo, tapi di bawah usia pembaca Majalah Hai. Tapi ternyata itu bukan perubahan segmen Kawanku yang terakhir. Sesudahnya, Kawanku berubah lagi menjadi majalah khusus remaja puteri. Sejak saat itu, saya tak lagi mengikuti perkembangannya.
Jadi, inilah edisi terakhir Kawanku. Rubrikasi dan tata mukanya memang tak lagi saya kenal. Tapi tadi pagi, sesudah dua puluh satu tahun silap, saya kembali membeli majalah ini, untuk bahan arsip dan kenangan.
Hormat mendalam untuk para mantan pengelola Majalah Anak-anak Kawanku. Terima kasih sudah menemani masa kanak-kanak yang luar biasa dulu. #AkuDanMedia

22 Desember 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar