Senin, 13 Maret 2023

BUKU, SEBUAH PERTEMUAN

Jika sedang senggang di rumah, saya berusaha mengumpulkan dan mengingat kembali bacaan-bacaan yang pertama kali dipegang waktu kecil dulu. Cerita-cerita dengan tagar #AkuDanMedia adalah hasilnya. Ke depan, melalui catatan dalam tagar tersebut, saya ingin bernostalgia tentang riwayat pertemuan dengan sejumlah bacaan, mulai dari komik, majalah, koran, tabloid, hingga buku. Kapan saya pertama kali ketemu Kawanku, Hai, Tempo, Panji Masyarakat, Garfield, Teguh Santosa, Iwan Simatupang, Pasternak, dan sejenisnya.

Di tengah pandemi yang memangkas hampir semua interaksi dengan banyak orang, dan sekadar menyisakan urusan-urusan pekerjaan yang tak selalu menyenangkan, saya merasakan penulisan hal-hal semacam ini jadi membangkitkan kembali kegairahan. Mungkin, karena menuliskan kembali hal-hal itu jadi membuat saya tercerabut dari kekinian dan bisa kembali ke masa lalu.
Buku, sama seperti halnya mesin waktu, memang bisa membawa kita pulang-pergi ke masa lalu. Bayangkan, betapa ajaibnya benda itu.

2 Februari 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar